Cara Mematikan User Account Control Windows 8 Agar Instalasi Software Tidak Bermasalah

User Account Control Windows 8

User Account Control (UAC) pada Windows 8 pada dasarnya akan memberitahu Anda sebelum terjadi perubahan yang ada pada PC/laptop, tidak semua perubahan akan menampilkan fitur UAC ini tetapi hanya beberapa fitur dari sistem yang memerlukan izin tingkat administrator. Perubahan ini bisa terjadi karena ada perubahan yang dilakukan pengguna, sistem operasi dengan perangkat lunak lainnya bahkan malware sekalipun. Setiap kali perubahan tingkat administrator dilakukan maka  Windows UAC akan meminta pengguna untuk mengkonfirmasi persetujuan (allow) atau penolakan (deny).

UAC di Windows 8 akan muncul jika Anda melakukan hal-hal berikut ini:

  • Melakukan proses install atau proses Uninstall aplikasi.
  • Merubah pengaturan firewall pada Control Panel.
  • Melakukan proses instalasi berbagai jenis driver pada komputer/laptop dan juga ActiveX Controls.
  • Mengatur serta melakukan proses instalasi dari Windows Update.
  • Menambah/menghapus/mengubah pengaturan user accounts/types.
  • Melakukan pengaksesan, melihat, merubah file dan juga folder dari pengguna lainnya.
  • Merubah pengaturan Parental Controls pada Windows.
  • Menjaankan Task Scheduler.
  • Melakukan proses Restoring/back-up system.
  • Merubah pengaturan UAC settings.

Mengubah Pengaturan UAC Windows 8

  • Pertama buka terlebih dahulu Control Panel, lalu pilih “System and Security”.
  • Klik pada “Change User Account Control settings”.
  • Maka sebuah jendela pengaturan UAC pada Windows 8 akan muncul.
  • Geserkan sebuah panel slider mengggunakan kursor mouse untuk mengubah pengaturan UAC sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai masing-masing pengturan UAC di Windows 8 jika Anda melakukan perubahan.

Always notify me when.

Pada fungsi ini, Windows akan memperingatkan Anda sebelum program atau Anda sendiri melakukan perubahan terhadap sistem atau konfigurasi pada sistem Windows yang memerlukan ijin dari administrator. Saat Anda diberi peringatan pilih UAC, tampilan desktop Anda akan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny (Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melakukan perubahan apapun dalam komputer.

Desktop yang mejadi gelap sesaat merupakan tanda pengamanan desktop bahwa program lain tidak bisa berjalan pada saat itu. Ini adalah settingan paling aman. Ketika Anda sedang diperingatkan, perhatikan dan baca dengan baik setiap dialog box yang muncul sebelum menyetujui perubahan apapun terhadap sistem komputer Anda.

Notify me only when app try to make changes to my computer (default)

Fungsi UAC akan memperingatkan Anda ketika ada program dari luar sistem yang ingin melakukan perubahan. Ketika Anda diberi peringatan, Desktop akan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny (Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melakukan perubahan apapun dalam komputer. Sama seperti setting di atas, desktop yang gelap merupakan tanda pengaman desktop bahwa program lain tidak bisa berjalan pada saat itu, namun Anda tidak akan diberi peringatan jika Anda ingin melakukan perubahan yang memerlukan ijin Administrator.

Pengaturan ini memiliki level keamanan sedang, artinya jika terdapat perubahan pada pengaturan Windows Anda lakukan sendiri tanpa harus ada peringatan, namun beberapa program bawaan Windows dapat saja menerima perintah atau data secara langsung. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh software berbahaya untuk menginstal sesuatu atau melakukan perubahan pengaturan dalam komputer Anda.

Notify me only when app try to make changes to my computer (do not dim my desktop)

Pada fungsi Windows akan memperingatkan Anda ketika ada program atau pengaturan Windows yang memerlukan ijin administator. Ketika Anda diberi peringatan, desktop akan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny(Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melanjutkan proses tersebut, namun Anda tetap bisa melakukan hal lain saat dialog box UAC ini masih terbuka. Anda tidak akan diberi peringatan jika Anda ingin melakukan perubahan yang memerlukan ijin Administrator.

Setting ini cukup aman, dengan setting ini program lain dapat bercampur dan mempengaruhi tampilan dialog box UAC. Bisa jadi hal ini menjadi risiko celah keamanan jika komputer Anda telah terserang malware.

Never notify me when

Windows tidak akan memperingatkan Anda sebelum adanya perubahan dalam komputer. Jika Anda login sebagi administrator, program apapun bisa melakukan perubahan tanpa diketahui. Jika Anda login sebagai user biasa, semua perubahan yang memerlukan ijin administrator akan ditolak secara otomatis. Jika Anda memilih setting ini, Anda harus me-restart komputer untuk menonaktifkan UAC. Sejak saat dinonaktifkan, siapapun yang login sebagai administrator, akan selalu mendapatkan hak sebagai admin.

Setting ini merupakan pengaturan paling lemah. Jika Anda menonaktifkan setting UAC, Anda telah membuka kemungkinan celah keamanan kepada sistem Windows Anda. Dalam hal ini Anda patut berhati-hati memilih program yang Anda jalankan karena mereka mendapatkan hak akses yang sama dengan Anda, termasuk membaca (read) file dan melakukan perubahan terhadap area sistem, data pribadi, file dan semua yang tersimpan dalam komputer. Program-program ini juga bisa melakukan komunikasi dan melakukan transfer informasi dari dan ke komputer manapun yang terhubung dengan komputer Anda, termasuk lewat internet.

=======================================================

Menonaktifkan/Disable UAC Pada Windows 8 Melalui Registri

  • Buka Charm Bar pada Windows 8 dengan cara menggeser kursor ke arah pojok kanan atas/bawah monitor layar komputer/laptop.
  • Ketikan kata “regedit” tanpa tanda petik.
  • Maka akan muncul aplikasi regedit, klik aplikasi regedit tersebut, lalu cari kunci regedit berikut ini HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System.
  • Ubah pengaturan pada EnableLUA, ubahlah nilanya dari angka  1 menjadi 0, lalu klik tombol “OK”, maka UAC pada Windows 8 Anda Akan dalam kondisi nonktif.

=====================================================

Menonaktifkan/Disable User Account Control Untuk Aplikasi Tertentu

Jika Anda tidak ingin menonktifkan fitur UAC demi alasan keamanan sistem maka Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Application Compatibility Toolkit untuk mengatur apliksi mana saja yang dapat dipercaya (trust appliction), aplikasi ini tidak akan menonaktifkn fitur UAC pada Windows 8

  1. Pertama buatlah terlebih dahulu system restore, untuk jaga-jaga apabila terdapat masalah pada sistem Anda.
  2. Download dan install aplikasi Microsoft Application Compatibility Toolkit 5.0.
  3. Pada Windows 8 Start Menu, cari shortcut/ikon dari aplikasi Microsoft Application Compatibility Toolkit lalu klik kanan, cari pilihan “Run as administrator” lalu klik.
  4. Jalankan aplikasi, lalu klik kanan, buka database under Custom Databases,  pilih Create New, klik Application Fix.
  5. Masukkan nama dan juga detail informsi mengenai apliksi yang ingin Anda masukan dengan cara klik browse, lalu klik Next.
  6. Klik Next hingga Anda menemui pilihan Compatibility Fixes.
  7. Pada Compatibility Fixes screen, cari RunAsInvoker, lalu centang pilihan tersebut.
  8. Klik Next, lalu klik tombol Finish.
  9. Pilih “File and Save As”, lalu simpan sesuai dengan keinginan Anda.
  10. Salin/Copy .sdb file ke dalam komputer yng ingin Anda ubah pengaturan aplikasinya.
  11. Buka Command Prompt/CMD, jalankan sebagai  administrator.
  12. Jalankan perintah: sdbinst \.sdb. berikut adalah contohnya: sdbinst c:\windows\abc.sdb
  13. Maka jendela command prompt akan menampilkan bahwa proses instalasi telah berhasil.